Monday, December 4, 2006

“Twisting The Routine Things”


ARTIST STATEMENT

Pameran Tunggal Keramik Tari
“Twisting The Routine Things”
di Via Via Kafe, Yogyakarta, Desember 2004


Pada pameran ini saya merespon benda-benda fungsional yang akrab dengan keseharian kita (Routine). Yaitu dengan cara merombak ulang fungsi dan kegunaannya (Twisting). Misalnya, mangkuk cangkir saya buat bertumpuk empat. Mangkuk itu saya glasir, dan dengan pembakaran tinggi, menjadikan tumpukan cangkir tersebut menempel satu dengan lainnya.

Tumpukan cangkir itu bercerita tentang keinginan manusia yang tidak pernah terpuaskan. Pada karya yang lain, yaitu bentuk tiga wadah atau mangkuk yang menampung tumpukan kunci dengan jumlah banyak hingga sengaja saya buat pecah sebagai penanda mangkuk tak kuasa menahan bobot dan beban (kunci ) yang berada didalamnya.

Saya membuat juga piring-piring yang disusun berdasarkan alur gambar yang ada didalamnya, disitu ada figur-figur perempuan yang tidak begitu kentara visualisasinya sebab permukaan piring tertutup glasir. Figur itu sengaja disamarkan untuk lebih menonjolkan efek piring yang meretak .Alur figur dalam piring itu bercerita tentang pencapaian suatu keinginan.

Lalu ada pula tiga buah sendok besar yang mungkin menyerupai irus yang biasanya digunakan untuk memasak tapi gagangnya sengaja saya buat tidak sempurna. Saya juga akan menyajikan jajaran gelas dan cangkir yang terbelah tapi menempel di dinding. Pada beberapa permukaannya terdapat tulisan berisi puisi dari sastrawan Jawa Barat, Acep zam zam noor tentang kerumitan hidup dan konflik manusia.

Demikianlah semua karya yang dipamerkan di via via kafe ini yang pada dasarnya merupakan hal-hal sepele dari keseharian benda-benda. Benda-benda itu begitu akrab bagi kebutuhan perut kita yaitu sebagai wadah atau tempat untuk makan dan minum. Pemilihan bentuk karya keramik ini saya sesuaikan dengan suasana kafe Via-Via.

2 comments:

avatar said...
This comment has been removed by the author.
Endang Lestari said...

Dear old & new pals of Teapot Studio,
karena kendala untuk log in di akun blog ini, untuk komunikasi lebih lanjut kami alihkan via facebook group di: Teapot Studio - The House of Clay (http://www.facebook.com/groups/154881911219225/)
atau dapat melalui email teapot.studio@yahoo.com
dan CP: Ai - 0857.40.7200.40