Sunday, December 3, 2006

Program Teapot

#1.Teapot telah menyelenggarakan workshop/ pelatihan keramik

Pelatihan dan Workshop keramik ini ditujukan untuk memudahkan peserta mengenal dan memahami lebih jauh tentang keramik fungsional dan ekspresi serta aplikasinya. Pelatihan Workshop keramik dibagi dalam beberapa materi antara lain adalah pengenalan bahan baku keramik,proses pembuatan keramik, pengaplikasian material keramik dengan bahan lain, sejarah dan latar belakang keramik, prospek dan perkembangan keramik dimasa datang. Misalnya:















1. Pelatihan keramik bagi anak-anak Taman sari dan sekitarnya.Juga program yang sama yang akan dilakukan di setiap lokasi baru Teapot.
2. Pelatihan keramik bagi anak-anak Difable (tuna rungu).
3. Program pendampingan diderah yang berfokus pada pelatihan dan pemberedayaan SDM dan SDA, dengan melakukan kerjasama pada pemerintah setempat.
4. Memberi pelatihan workshop pada himpunan mahasiswa Filsafat Universitas Gadjah Mada.

#2.Teapot aktif memamerkan hasil kreatifitas produk keramik fungsional dan keramik kreatif














Pameran Ina Caraft Jakarta, Jogja Expo ,Bali Expo,Festifal Kesenian Yogyakarta.pameran di tempat /gallery alternatif.

#3.Teapot menyelenggarakan diskusi perkembangan wacana keramik seni/fungsional dan temu-bincang dengan perupa (artist talk) yang menggunakan media keramik

Menyelenggarakan pemutaran film dengan tema beragam, terutama yang berkaitan dengan art and craft (produk kreatif).

#4 Melakukan kajian budaya keramik dan Melakukan eksplorasi bahan dan teknik keramik

Saat ini kami terus melakukan riset dan penelitian kaitannya dengan sejarah perkembangan keramik.Juga melakukan eksperiman terhadap kandungan material tanah yang dapat dioah sebagai bahan baku keramik dibeberapa daerah.

#5.Aktif menjalin jaringan dan kerjasama dengan pihak-pihak yang memiliki visi/misi yang serupa dan atau minat yang bisa mendukung dan memfasilitasi visi Teapot

Menjalin kerjasama dengan institusi terkait, seperti : Bengkel Keramik PPPG Kesenian Yogyakarta, Balai Besar Keramik Bandung,Studio keramik Jurusan Kriya FSR ISI Yogyakarta, Lembaga dan komunitas keramik di Jogja, Bandung, Jakarta dan Bali, para seniman keramik , beberapa art shop galeri dan rumah produksi keramik,juga pabrik keramik ezenza. Melakukan kerjasama dan Jaringan dengan beberapa lembaga di luar negeri.

#6.Teapot saat ini tengah merencanakan publikasi budaya keramik dalam bentuk newsletter, media online, katalog dan buku yang menginformasikan perkembangan seputar perupa dan studio keramik, budaya dan teknik pembuatan keramik

No comments: